Selama ini mungkin kamu mengenal Cirebon sebagai Kota Udang atau Kota Petis saja. Sebenarnya kota yang berada di kawasan jalur Pantura ini mempunyai banyak potensi wisata yang bagus dan mempesona. Mengunjungi Cirebon akan membuat kamu mendapatkan banyak hal menarik.

Kalau kamu masih ragu ingin berlibur ke kota kecil yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat ini, kita kasih tahu deh nih beberapa alasan jalan-jalan ke Cirebon bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu dan keluarga berlibur. 

Alasan Liburan ke Cirebon, Dijamin Seru!

Mari kita simak bersama-sama kenapa Cirebon harus dijadikan destinasi jalan-jalanmu selanjutnya bareng keluarga dan orang tersayang!

1. Wisata Religi

Kalau di Jawa Timur kan ada Surabaya dan sekitarnya yang menjadi basis penyebaran Islam, maka di Jawa barat ada Cirebon yang berperan penting dalam misi besar ini. Jadi kalau kamu ke kota ini sudah pasti akan menemukan banyak pilihan tempat untuk mengeksplor wisata religi.

a. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

jalan-jalan ke Cirebon

Untuk wisata religi, Cirebon memiliki Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid ini konon dibangun pada zaman Sunan Gunung Jati di tahun 1408, di mana Islam mulai gencar-gencarnya disebarkan di kota ini. Jadi, masjid ini memang salah satu bangunan paling bersejarah di Kota Cirebon.

Uniknya, arsitektur masjid ini merupakan perpaduan gaya bangunan Jawa-Hindu, lho. Kamu bisa langsung merasakannya ketika melihat gapura di halaman masjid serta atap masjid yang menyerupai rumah Joglo. Siapa yang sudah pernah ke sini ?

Harga: tiket masuk gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Jl. Kasepuhan No.Komplek, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114 (Cek di Google Maps)

b. Vihara Dewi Welas Asih

Selain wisata religi umat Muslim, buat kamu yang tertarik mengunjungi klenteng Tionghoa di Cirebon, coba mampir ke vihara satu ini, kuy. Vihara ini menjadi tempat peribadatan umat Budha tertua di Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1559. Keren bangeeet!

Ada cerita sejarah unik dari vihara satu ini. Dulunya, tempat ini dinamakan Tio Kak Si, namun, karena pada saat itu hal-hal yang berhubungan dengan budaya Tionghoa dilarang, nama vihara ini pun berubah menjadi Dewi Welas Asih sampai saat ini.

Harga: tiket masuk gratis*

Jam & hari buka: setiap hari, 07.00-17.00 WIB (kecuali pada hari peringatan tertentu)

Alamat: Jl. Kantor, Panjunan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112 (Cek di Google Maps)

2. Kuliner Khas Cirebon yang Sedap

Datang ke Cirebon tanpa menikmati kulinernya yang menggugah selera rasanya rugi banget. Salah satu kuliner yang paling wajib adalah nasi jamblang. Kuliner yang mirip sekali dengan nasi campur ini bisa kamu racik sendiri karena kedainya menyajikan menu secara prasmanan. Uniknya, nasi ini disajikan di atas daun jamblang.

Selanjutnya kamu bisa mencoba empal gentong yang super yummy itu. Kuah gurih dengan daging dan jerohan sapi yang empuk sangat nikmat dimakan dengan lontong saat panas dan ditemani sate kambing. Pokoknya mantap bangeeet!

3. Terdapat Tempat Wisata yang Beragam

Selain menjajal wisata kuliner, tentunya ada berbagai tempat wisata yang bisa kamu kunjungi satu persatu di kota ini. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga sejarah, semua bisa kamu temukan di Cirebon. Kuy simak daftar lengkapnya di bawah ini!

a. Pantai Kejawanan

jalan-jalan-ke-Cirebon

Pantai satu ini lokasinya nggak jauh dari pelabuhan dan selalu ramai dikunjungi oleh warga, terutama pada saat menjelang sore. Menyaksikan sunset di pantai ini jadi hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Namun, kalau sobat tiket mau berkunjung dari pagi hari juga bisa, kok. Ada berbagai macam aktivitas olahraga air seru yang bisa kamu coba di sini. Jangan lupa mengabadikan foto di pantai eksotis berpasir hitam ini, yah!

Harga: tiket masuk Rp500-Rp2.000*

Jam & hari buka: setiap hari, 24 jam

Alamat: Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps)

b. Taman Sari Gua Sunyaragi

jalan-jalan-ke-cirebon

Selain pantai, kamu juga bisa mengunjungi sebuah gua yang bangunannya terlihat mirip seperti candi. Tempat wisata ini termasuk dalam cagar budaya di Kota Cirebon yang merupakan bagian dari Keraton Kasepuhan.

Kompleks gua ini dulunya merupakan taman air. Wilayah ini dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian Pesanggrahan dan bangunan-bangunan gua yang memiliki terowongan bawah tanah. Setiap bagian gua memiliki fungsinya masing-masing, seperti untuk meditasi, menyimpan senjata, penyimpanan makanan, dan sebagainya.

Harga: tiket masuk mulai dari Rp10.000*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-17.30 WIB

Alamat: Sunyaragi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 (Cek di Google Maps)

c. Keraton Kasepuhan

jalan-jalan-ke-Cirebon

Berbicara tentang sejarah Cirebon rasanya kurang sah tanpa menyebutkan Keraton Kasepuhan. Di sini, kamu dapat melihat bukti sejarah kedatangan budaya Islam di kota ini sejak tahun 1529.

Keraton ini dibangun oleh Pangeran Mas Zainul Arifin untuk memperluas wilayah Keraton Pakungwati. Di tanah seluas 25 hektar ini terdapat beberapa bangunan yang dapat kamu kunjungi. Bangunan utamanya adalah Siti Hinggil yang identik dengan susunan bata merah serta gaya arsitektur menyerupai zaman Majapahit. 

Harga: tiket masuk mulai dari Rp15.000*

Jam & hari buka: setiap hari, 08.00-18.00 WIB

Alamat: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45114 (Cek di Google Maps)

d. Keraton Kanoman

jalan-jalan-ke-Cirebon

Sobat tiket tahu nggak nih, keraton satu ini merupakan bagian dari dua keraton kesultanan di Kota Cirebon selain Keraton Kasepuhan, lho. Keraton ini didirikan oleh Pangeran Kertawijaya pada tahun 1678.

Keraton seluas 6 hektar ini lokasinya berada di belakang Pasar Kanoman. Di dalam Keraton Kanoman, masih banyak peninggalan keraton yang tersimpan di dalam museum bernama Gedung Pusaka Keraton Kanoman mulai dari gamelan, tombak, ukiran dinding, hingga kereta kencana. Menarik banget, yah?

Harga: tiket masuk mulai dari Rp15.000*

Jam & hari buka: setiap hari, 09.00-17.00 WIB

Alamat: Jl. Kanoman No.40, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111 (Cek di Google Maps)

4. Banyak Pilihan Oleh-Oleh

Setelah puas jalan-jalan di Cirebon, nggak lengkap rasanya pulang ke rumah tanpa membawa buah tangan. Gak perlu bingung mau bawa pulang oleh-oleh apa, beberapa oleh-oleh khas Cirebon di bawah ini bisa jadi alasan liburan ke Cirebon yang menarik untuk kamu!

a. Batik Cirebon

jalan-jalan-ke-Cirebon

Sobat tiket familiar dengan batik dengan motif Megamendung? Nah, batik tersebut berasal dari Cirebon, lho. Konon, sejarah batik ini berkaitan dengan sejarah kedatangan bangsa Tiongkok di Cirebon. Lebih tepatnya, Sunan Gunung Jati yang menikah dengan wanita Tionghoa bernama Ong Tie.

Selain karena sejarahnya, batik Cirebon memang terkenal cantik dan memiliki banyak pilihan warna. Salah satu tempat oleh-oleh batik yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Batik Trusmi. Hati-hati, kamu bisa kalap lho memilih berbagai macam batik yang ada di sini, saking bagusnya!

Jam & hari buka: Senin-Jum’at 09.00-20.00 WIB | Sabtu-Minggu 09.00-21.00 WIB

Alamat: Jl. Trusmi No.148, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154 (Cek di Google Maps)

B. Mangga Khas Cirebon

jalan-jalan-ke-Cirebon

Pernah dengar mangga gedong gincu sebelumnya? Mangga tersebut berasal dari Kota Cirebon, lho. Bentuk buah mangga satu ini agak berbeda dengan mangga yang biasa kita temui, mangga ini berbentuk bulat dengan warna orange, merah, kehijauan, dengan harum yang khaaas banget. Cocok deh untuk oleh-oleh!

5. Tempat Menginap Unik di Desa Mewah 

Alasan liburan ke Cirebon selanjutnya, tentunya adalah karena kamu harus coba rasanya menginap di desa namun dengan fasilitas mewah dan lengkap seperti kolam renang outdoor, serta restoran dengan view alam yang mempesona. Namanya adalah Desa Alamanis Resort Villa.

Penginapan ini lokasinya di atas Bukit Gronggong yang buat suasana penginapan jadi makin sejuk. Selain itu, interior kayu yang mendominasi area penginapan seakan menambah suasana pedesaan di sekitarnya.

Ada berbagai tipe vila yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Tentunya setiap kamar menawarkan kenyamanan yang luar biasa. Bahkan, di beberapa tipe vila, kamu bisa menikmati ruang tamu dan kamar yang terpisah, tentunya dengan ukuran yang lebih luas dan nyaman. Seru banget deh pasti mengajak keluarga menginap di sini.

Harga: mulai dari Rp691.199/kamar/malam*

Alamat: Jalan Cirebon Kuningan Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Cirebon, Jawa Barat 45172 (Cek di Google Maps)

Fasilitas: InDOnesia CARE, tiket CLEAN, Wi-Fi, kolam renang, restoran, spa, gym, parkir, dll*

Sudah Tahu Alasannya, Ini Waktunya Liburan ke Cirebon

Itu dia alasan liburan ke Cirebon untuk kamu dan keluarga. Menarik semua, kan? Jadi, sudah siap menjelajahi kota unik yang serba ada satu ini?

Ini waktunya jalan-jalan, masak kerja terus sih? hehe

Supaya liburan makin nyaman dan fleksibel. Tenang aja, semua bisa dipesan di aroundnesia.com!

mau ke mana? Together We Discover