Makassar, mutiara Sulawesi Selatan ini menyuguhkan wisata alam eksotis yang masih asri dan alamiah.

Sebagai kota utama di Pulau Sulawesi, Makassar tidak hanya terkenal sebagai kota pelabuhan dan kota bersejarah saja. Wisata alam tersembunyi di sekitar kota terbesar ke-lima di Indonesia ini tidak kalah pamor dengan lokasi mentereng lainnya di kota-kota lain.

Penginapan unik ala Gypsy di Jogjakarta, murah dan unik

Nah, kali ini, kita mau kasih tau 7 tempat wisata yang siap mengguncang hasrat bertualang kamu di Makassar!

Siap bertualang? Ikuti petualangan bersama kita di bawah ini!

Mencari cinta sejati di Air Terjun Cinta, Gowa

Air terjun ini baru saja ramai dibicarakan karena keindahannya yang baru terungkap.

Ya, meskipun ukuran air terjunnya tidak terlalu besar (hanya 12 meter), namun jika dilihat dari atas, maka kolam yang terletak di dasar air terjun ini memiliki bentuk unik, yaitu hati. Oleh karena itu pengunjung menyebutnya sebagai Air Terjun Cinta.

air terjun cinta, Gowa
Photo Via dikipudyo

Untuk mencapai air terjun ini kamu harus berjalan kaki selama 2 Km menyusuri medan yang menantang. Namun sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan sawah dan sungai yang sangat indah.

Air Terjun Cinta, Gowa
Photo Via yuichichee

Namanya cinta pasti butuh perjuangan kan ? mangkannya setelah melakukan trekking yang menguras energi, kamu akan disiguhkan oleh keindahan air terjun dengan kolam jernih kebiruan yang indah tiada tara.

Bagaimana, siapkah kau tuk jatuh cinta?

Lokasi: Dusun Belamoncong, Desa Tamalatea, Kecamatan Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.
Cara ke Sana: Dari Kota Makassar memakan waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan motor menuju Manuju, melalui jalan poros Malino dan Bendungan Bili-Bili. Koordinat di sini.

Mengagumi tangguhnya alam bersama Batu Mallopie, Barru

Batu Mallopie kini kian naik daun namanya di antara para pelancong nusantara. Hamparan cadas batu mirip Grand Canyon, Amerika Serikat, kembali menghiasi perjalanan kamu di lokasi ini, diiringi dengan liukan sungai yang ada di sekitarnya.

Bentuknya yang serupa perahu, kokoh berdiri di tengah alunan aliran sungai, membuat takjub mata mengagumi tangguhnya pahatan alam.

Batu Mallopie, Barru
Photo Via mariah.ul

Menenangkan diri dalam suasana asri dan damai diiringi semilir angin segar dan gemercik aliran air, momen yang tentunya sulit dilupakan.

Batu Mallopie, Barru
Photo Via Taslim23

Mencari spot paling pas untuk memperindah timeline Instagram? Di sini tempatnya!

Batu Mallopie, Barru
Photo Via syam surya junita

Lokasi: Kelurahan Lompo Riaja, Kec. Tanete Riaja, Kab. Barru, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Jarak yang harus ditempuh mencapai 106 kilometer (kurang lebih 3 jam) dari pusat Kota Makassar hingga mencapai Kota Pekkae, Kabupaten Barru. Kemudian kamu dapat menelusuri Jalan Raya Barru-Soppeng hingga mencapai Kampung Sumpangdengeng yang berjarak 1 kilometer dari lokasi Batu Mallopie. Koordinat di sini.

Larut dalam panorama alam nan elok di Air Terjun De’Pa, Gowa

Air terjun satu ini belum banyak diliput sebagai lokasi Instagrammable favorit. Namun, tidak berarti pesonanya tidak semegah Air Terjun Bulan atau Air Terjun Parangloe yang sudah lebih dulu terkemuka.

Debur air yang memancar dari ketinggian hingga mencapai sungai yang berkelok di bawahnya akan membawa kamu tersihir dengan asrinya pesona alami berpadu pepohonan rindang di sekitarnya.

Air Terjun De’Pa, Gowa
Photo Via firman jalling

Birunya air sungai yang jernih, berliku di antara bebatuan kecoklatan, tampak kontras dan menawan.

Duduk di bebatuan mengamati air melimpah dari ketinggian, keindahan Air Terjun De’pa dapat dinikmati seutuhnya.

Air terjun bertingkat ini juga merupakan lokasi seru untuk bertualang, dan tentunya, lanskap eksotik yang harus Anda abadikan.

Lokasi: Kecamatan Sapaya, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Lokasinya berjarak sekitar 59 kilometer (2 jam) perjalanan darat dari Kota Makassar. Koordinat di sini.

Bersantai di bawah liukan air di Air Terjun Pattirodeceng, Maros

Terletak satu lokasi dengan air terjun lainnya yang lebih dikenal netizen, Air Terjun Maddenge dan Air Terjun Baruttung, Air Terjun Pattirodeceng menjadi wahana wisata baru yang harus dieksplorasi pecinta wisata air.

Satu fenomena unik yang dapat disaksikan adalah alunan air yang berliku dari atas ketinggian dinding bebatuan yang tersusun seolah-olah tebing tinggi nan curam.

Air Terjun Pattirodeceng, Maros
Photo Via said toni

Berteduh di bawah tebing bebatuan yang berhiaskan kelokan air mengalir menambah suasana teduh saat liburan.

Tiga kelokan air utama dapat disaksikan dari jarak dekat dengan nyaman sembari bermain air dan duduk santai menikmati pesona alamiah yang asri.

Air Terjun Pattirodeceng, Maros
Photo Via da’dy

Lokasi: Desa Pattirodeceng, Kecamatan Camba, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Lokasinya berjarak 76 kilometer (2 jam) perjalanan dari pusat Kota Makassar, dapat ditempuh dengan perjalanan darat. Koordinat di sini.

Mahakarya indah dari Sang Pencipta Buttu Gigi, Enrekang

Buttu Gigi memesona para petualang dengan keindahan padang rumput alami dan pesona dataran tinggi dari ketinggian. Pemandangan keras dan kokohnya cadas bebatuan berpadu dengan padang rumput hijau keemasan membuai impian ke alam tersendiri.

Ketinggian gunung 2.447 meter tak menyurutkan semangat mencapai puncak, semilir sejuk angin pengunungan menjadi pemompa jiwa dan raga sepanjang perjalanan.

Buttu Gigi, Enrekang
Photo Via tania zarenka

Indahnya padang rumput keemasan di bawah matahari, tak cukup diabadikan sebagai momen sendiri.

Buttu Gigi, Enrekang
Photo Via nasruddin zhain,nurzaitundjihat

Puncak tebing yang menjorok curam, kontras berpadu dengan pepohonan lebat nan hijau. Indah dipandang seakan dalam dunia impian.

Lokasi: Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: dari pusat Kota Makassar berjarak sekitar 245 km melalui Jalan Poros Barru-Makassar atau Jalan Poros Palopo-Makassar. Koordinat di sini.

Melayang bersama kupu-kupu cantik di Helena Sky Bridge, Maros

Taman Nasional Bantimurung sudah terkemuka sebagai salah satu kerajaan kupu-kupu yang indah dipandang mata di Indonesia.

Kali ini, menyapa dan mendekatkan diri dengan kupu-kupu yang diincar ini tidak lagi terhalang kaca etalase tempat spesimen disimpan. Selain menemukan sensasi baru bertamasya di ketinggian, kamu dapat mendekat dan bercengkerama di Helena Sky Bridge, jembatan gantung yang namanya seindah 21 spesies kupu-kupu di taman nasional itu.

Helena Sky Bridge, Maros
Photo Via hikmatghazaly

Asyiknya berpose di atas jembatan gantung yang menantang, sensasi di ketinggian yang tak tertandingi. Baik bersama teman atau sendiri, Helena Sky Bridge selalu jadi lokasi seru untuk berpose.

Helena Sky Bridge, Maros
Photo Via hajra ali

Melintasi bilah demi bilah kayu jembatan hingga mencapai tujuan, terbayang momen asyiknya menikmati pemandangan dalam petualangan menegangkan!

Helena Sky Bridge, Maros
Photo Via fajri rastavra123

Gimana kamu berani coba?

Lokasi: Penangkaran Kupu-Kupu, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Kabupaten Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan
Tiket Masuk: Rp10.000,-/orang untuk melintasi jembatan
Cara ke Sana: Berjarak sekitar 20 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, taman nasional ini dapat dicapai menggunakan pete-pete (kendaraan umum) dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Kamu bisa menempuh perjalanan dari pusat Kota Makassar ke arah Maros dengan pete-pete selama kurang lebih satu jam. Koordinat di sini.

Sungai tersembunyi di balik dinding batu Sungai Pada’elo, Bone

Bagi penggemar wisata danau dan air terjun, lokasi wisata satu ini dapat menjadi pilihan baru untuk melewatkan waktu mengeksplorasi area yang baru.

Sungai Pada’elo mrupakan sungai tersembunyi yang berliku merupakan satu lokasi seru yang menantang untuk dilalui. Selain keindahan alami panorama sungai, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan unik cadas bebatuan yang mengiringi langkah di kiri-kanan Anda.

Sungai Pada’elo, Bone
Photo Via emhylmaulana

Petualangan unik mengarungi keganasan alam menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi penggemar wisata anti mainstream!

Remang-remang lorong batu yang berpadu dengan gemercik air sungai membuat kamu menikmati suasana misterius Sungai Pada’elo. Ya, menyusuri sungai remang-remang dengan obor di tangan jadi pilihan aktivitas di sungai yang berliku elok di tengah dinding bebatuan.

Senyapnya suasana alami yang belum banyak terjamah manusia, membawa kamu bermeditasi dan menenangkan jiwa di tengah eksotisnya panorama sungai berpadu cadas bebatuan.

Lokasi: Desa Ureng, Kecamatan Palakka, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan
Cara ke Sana: Jaraknya sekitar 159 kilometer (3 jam 45 menit) dari pusat Kota Makassar itempuh dengan perjalanan darat. Koordinat di sini.

Sebenarnya semua ini hanya sebagian kecil saja dari keindahan alam yang ada di sekitaran Makassar? Mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi? atau apa Lokasi yang mau kamu kunjungi?

Gak di sangka ternyata di Makassar bisa mirip kayak New Zealand ya alamnya?

Sampai jumpa di Postan berikutnya…